Merkurius tetangga dekat matahari

Pada zaman dahulu kala bangsa yunani menganggap merkurius sebagai dua benda langit yang berbeda. Alasanya, pemunculan planet yang besarnya hampir sam dengan bulan kita itu kadang-kadang berada di sebelah timur dan kadang-kadang sebelah barat. Mereka pun memberi dua nama kepada merkurius, yakni sebutang bintang pagi dengan nama “ Apollon” dan bintang malam dengan nama “Hermes”. Sampai akhirnya mereka menyadari kalau ternyata dua benda langit itu adalah benda yang sama, yakni merkurius.

Merkurius merupakan planet yang terdekat dengan matahari, jarak rata-rata merkurius ke matahari sekitar 58 juta km. planet merkurius ini bisa diibaratkan sebagai sebuah benda yang berdiri di dekat api yang sangat panas di malam yang sangat dingin. Belahan merkurius yang menghadap matahari sangat panas, sementara belahan yang lain membeku. Coba bayangkan kalau seandainya kamu berdiri di sebuah tempat di mana bagian yang satu sangat panas dan bagian lainnya dingin luar biasa. Panas yang diterima merkurius jauh lebih hebat dari yang diterima bumi yang kita pijak ini. Apalagi, planet ini tidak mempunyai selimut udara yang bisa menyimpan panas. Akibatnya sisi yang tidak menghadap matahari menjadi sangat dingin, sekitar -2736,16 derajat celcius.

Di dalam planet ini terdapat kolam-kolam dan kawah-kawah raksasa, jurang yang terjal, pegunungan tinggi serta daratan yang luas. Permukaan di merkurius menyerupai permukaan bumi. Selain itu, mekurius juga menyerupai bulan. Kalau kalian menjejakan kaki di sana, mungkin kalian mengira telah mendarat di bulan. Seperti bulan, planet ini mempunyai kawah-kawah dan kolam-kolam yang terbentuk akibat di tabrak asteroid dan meteorid. Kawah-kawah di merkutius di namai dengan nama-nama kompser, pengarag, dan seniman terkenal. Di antaranya Beethoven, vibaldi, Renoir, dan dickens.

0 komentar: